Sekretariat


KEPALA BAPPEDA

RUMUSAN TUGAS :

Memimpin, menetapkan kebijakan teknis, merumuskan sasaran, mengkoordinasikan, membina, mengarahkan, menyelenggarakan, mengevaluasi, memberikan saran dan pertimbangan dan melaporkan kegiatan di bidang perencanaan pembangunan berdasarkan kewenangan urusan pemerintahan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pelaksanaan tugas.

 

URAIAN TUGAS  :

  1. Merumuskan Sasaran Strategis Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Mempawah berdasarkan Rencana Strategis Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Mempawah untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan program/kegiatan

  2. Mengkoordinasikan penyelenggaraan program/kegiatan di Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Pengendalian, Fisik Prasarana dan Penelitian Pengembangan sesuai dengan sasaran strategis yang telah ditetapkan agar kegiatan dilaksanakan secara terarah, terpadu dan selaras.

  3. Mengarahkan pelaksanaan program kerja pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Mempawah berdasarkan kebijakan teknis yang telah ditetapkan agar pelaksanaan program dapat dilaksanakan sesuai dengan aturan yang telah berlaku

  4. Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap Sekretaris dan para Kabiddalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan pelaksanaan tugas.

  5. Merumuskan kebijakan teknis di bidang Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Pengendalian, FisikPrasarana dan Penelitian Pengembangan berdasarkan peraturan sebagai bahan perumusan kebijakan daerah dan kebijakan Gubernur.

  6. Menelaah konsep naskah dinas yang berkaitan dengan penyelenggaraan program kerja di Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Pengendalian, Fisik Prasarana dan Penelitian Pengembangan berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan perumusan kebijakan pimpinan.

  7. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan di BidangEkonomi, Bidang Sosial Budaya dan Bidang Pengendalian, Fisik Prasarana dan Penelitian Pengembangan yang telah dilaksanakan dengan membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan program kerja yang telah ditetapkan untuk  mengetahui kinerja yang dicapai.

  8. Melaksanakan tugas penyusunan perumusan Rencana kerja Pemerintahan Daerah (RKPD) Kabupaten Mempawah diberbagai bidang berdasarkan sasaran dan program yang telah ditentukan sebagai pedoman kerja dalam melaksanakan tugas.

  9. Membuat dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sesuai dengan sasaran strategis yang telah ditetapkan untuk menjadi bahan masukan atasan.

  10. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik tertulis maupun lisan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk pelaksanaan tugas.

 

SEKRETARIS

RUMUSAN TUGAS :

Memimpin, merumuskan konsep program kegiatan Sekretariatan, merencanakan operasional, membagi tugas dan memberi petunjuk, melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, memberikan saran dan pertimbangan serta melaporkan kegiatan sekretariat sebagai pelaksanaan tugas.

 

URAIAN TUGAS  :

  1. Merumuskan program kegiatan Sekretariat / Tata Usaha berdasarkan kewenangan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai bahan penetapan program kegiatan.

  2. Merencanakan operasional kegiatan Sekretariat / Tata Usaha berdasarkan program kegiatan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  3. Membagi tugas Sekretariat / Tata Usaha kepada bawahan sesuai dengan uraian tugas dan tanggung jawabnya agar pelaksanaan tugas berjalan dengan lancar.

  4. Memberi petunjuk kepada bawahan baik secara lisan maupun tertulis agar tugas-tugas dapat dilaksanakan dan dipahami dengan baik dan benar.

  5. Melakukan pengkoordinasian penyusunan rencana kegiatan dan pelaksanaan tugas-tugas bidang dengan mengadakan pertemuan untuk penyusunan rencana kegiatan Bappeda Kabupaten Mempawah untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  6. Menyusun rencana strategis, rencana kinerja tahunan, Laporan Akuntabilitas Dan Kinerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sesuai dengan ketentuan agar terwujudnya Akuntabilitas Bappeda Kabupaten Mempawah.

  7. Melaksanakan penatausahaan keuangan dilingkungan Bappeda Kabupaten Mempawah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terciptanya tertib administrasi keuangan.

  8. Melaksanakan pengolahan administrasi kepegawaian dilingkungan Bappeda Kabupaten Mempawah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tercipta administrasi kepegawaian yang tertib.

  9. Mengarahkan Pelaksanaan administrasi surat menyurat di lingkungan Bappeda Kab. Mempawah agar tercipta tertib administrasi persuratan.

  10. Mengarahkan pengendalian pemeliharaan dan pengolahan administrasi barang inventaris kantor dilingkungan Bappeda Kabupaten Mempawah sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  11. Mengarahkan pelaksanaan kegiatan kehumasan dan keprotokolan sesuai dengan kegiatan Bappeda Kabupaten Mempawah sebagai bahan penyampaian informasi dan tertibnya kegiatan.

  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik tertulis maupun lisan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk pelaksanaan tugas.

 

KASUBBAG PERENCANAAN DAN KEUANGAN

 

RUMUSAN TUGAS :

Memimpin, melaksanakan , menyiapkan bahan perumusan konsep kebijakan teknis pada Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan, penyusunan rencana kerja, melaksanakan pengelolaan administrasi / penatausahaan keuangan, pelaporan kinerja dan melaporkan kegiatan perencanaan dan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tercapai hasil kerja yang optimal.

 

URAIAN TUGAS  :

  1. Menyusun rencana kerja kegiatan pada Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan berdasarkan sasaran dan program yang telah di tetapkan untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas.

  2. Membagi tugas kepada bawahan di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan secara lisan dan tertulis agar tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.

  3. Melakukan pengawasan kepada bawahan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan baik secara preventif maupun refresif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam melaksanakan tugas.

  4. Menyiapkan bahan penyusunan rencana kerja dan anggaran sesuai dengan program dan kegiatan yang telah ditetapkan agar pelaksanaan kegiatan dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

  5. Menyiapkan bahan  pengelolaan administrasi / penatausahaan keuangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pelaksanaan tugas.

  6. Menyiapkan bahan pelaporan kinerja dan keuangan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku sebagai bahan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas.

  7. Mengevaluasi pelaksaaan tugas bawahan dengan cara membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan untuk mengetahui tingkat kinerja yang dicapai.

  8. Mengonsep naskah dinas pada Sub Bidang Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku agar diperoleh konsep naskah dinas yang benar.

  9. Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan di Subbid Ekonomi I yang telah dilaksanakan dengan membandingkan antara hasil kerja yang dicapai dengan program kerja yang telah ditetapkan untuk  mengetahui kinerja yang dicapai.

  10. Membuat dan menyampaikan laporan pelaksanaan tugas sesuai dengan kegiatan yang telah dilaksanakan untuk menjadi bahan masukan atasan.

  11. Tugas kedinasan lain yang diperintahkan oleh pimpinan baik tertulis maupun lisan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk pelaksanaan tugas.

 

KASSUBAG UMUM DAN APARATUR

RUMUSAN TUGAS :

Memimpin, pelaksanaan tugas Sub Bagian Umum dan Aparatur dalam rangka melaksanakan urusan dan pelayanan Umum, pelayanan Aparatur di lingkungan Sekretariat Bappeda Kabupaten Mempawah, berdasarkan ketentuan  dan pedoman yang berlaku agar tugas pokok  dan fungsi Subbag Umum dan Aparatur dapat terlaksana   secara efisien dan efektif.

 

URAIAN TUGAS :

  1. Menyusun rencana kerja Sub Bagian Umum dan Aparatur  berdasarkan sasaran dan program kerja Tahunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Mempawah untuk pelaksanaan.

  2. Melakukan Pengelolaan Urusan Umum, Kearsipan dan Kehumasan serta keprotokolan dalam pelaksanaan tugas.

  3. Melakukan Pengelolaan Tata Usaha Kepegawaian, Organisasi dan Ketatalaksanaan sesuai dengan untuk pelaksaan tugas.

  4. Menyusun dan mengoreksi konsep Rencana Kebutuhan Barang Unit (RKBU) dan memeriksa catatan penerimaan dan distribusi alat tulis dan alat perlengkapan kantor berdasarkan  usulan dari dan untuk masing-masing bagian agar terpenuhinya kebutuhan untuk dukungan penyelesaian tugas.

  5. Menyusun dan mengoreksi konsep rencana kebutuhan biaya Sub Bagian Umum berdasarkan data usulan/masukan agar tersedia dana kegiatan.

  6. Menyusun dan mengoreksi konsep naskah dinas yang berkaitan dengan kegiatan ketatausahaan sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

  7. Melaksanakan pembinaan disiplin terhadap bawahan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terciptanya PNS yang handal, professional dan bermoral.

  8. Melakukan konsultasi kegiatan dengan satuan kerja/instansi dan pihak terkait untuk mendapatkan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas.

  9. Membagi tugas dan memberi petunjuk kerja kepada bawahan yang dilakukan secaralisan dan tertulis agar tugas-tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar.

  10. Melakukan pengawasan kepada para bawahan di Sub Bagian Umum dan Aparatur dalam melaksanakan tugas baik secara preventif maupun represif untuk menghindari terjadinya kesalahan dan penyimpangan pelaksanaan tugas.

  11. Menyampaikan Laporan Pelaksanaan tugas dan hasilnya kepada pimpinan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tuga.

  12. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Sub Bag Umum yang diberikan oleh pimpinan.