Penyampaian Rancangan KUPA Dan PPAS Perubahan Kabupaten Mempawah Tahun Anggaran 2019

BAPPEDA - Pemerintah Kabupaten Mempawah telah menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS Perubahan) Tahun Anggaran 2019 yang diselenggarakan di Kantor DPRD Kabupaten Mempawah pada Senin, (12/08/19).

Penandatanganan dilakukan setelah melalui pembahasan rapat gabungan antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang didampingi oleh Kepala SKPD dan Badan Anggaran DPRD Kabupaten Mempawah.

Dalam penandatanganan nota kesepahaman di Kantor DPRD tersebut, mewakili Pemerintah Daerah yaitu Wakil Bupati Mempawah Bapak H. Muhammad Pagi, S.H., MM, sementara mewakili DPRD dipimpin oleh Ketua DPRD Safruddin A, SP, beserta beberapa Anggota DPRD yang termasuk dalam Badan Anggaran DPRD.

Pelaksanaan APBD 2019 dalam perjalanannya dipengaruhi berbagai faktor, sehingga memungkinkan dan terpenuhinya persyaratan untuk melakukan perubahan. Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan merupakan tahap dalam mekanisme penyesuaian anggaran tahun berjalan sebagai akibat terjadinya beberapa kondisi yang menyebabkan harus dilakukannya perubahan. Hal ini dilakukan agar apa yang menjadi target awal dalam APBD Tahun 2019 dapat disesuaikan kembali berdasarkan perubahan atau pergeseran asumsi yang mempengaruhinya.

Hal ini sesuai dengan pasal 155 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah yang menyatakan “Perubahan APBD disebabkan perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA sebagaimana dimaksud dalam Pasal 154 Ayat (1) Huruf A dapat berupa terjadinya pelampauan atau tidak tercapainya proyeksi pendapatan daerah, alokasi belanja daerah, sumber dan penggunaan pembiayaan yang semula ditetapkan dalam Kebijakan Umum APBD.

.