Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Mempawah Tahun 2020-2024

Bappeda - Pemerintah Kabupaten Mempawah telah melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Tahun 2020-2024 yang diselenggarakan di Balai Rung Setia (Aula Bawah) Kantor Bupati Mempawah pada Selasa, (03/09/19).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Mempawah, Hj. Erlina, SH., MH, dan Kegiatan ini pun dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, MM., MH. sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan Musrenbang RPJMD Tahun 2020-2024. Dihadiri juga oleh Pimpinan SKPD Provinsi Kalimantan Barat, Rektor Universitas Tanjungpura, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura Pontianak, Ketua/Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Mempawah, Rekan-Rekan Forkopimda Kabupaten Mempawah, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Mempawah, Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Badan, Dinas dan Pimpinan SKPD Kabupaten Mempawah dan Kepala Instansi Vertikal di Kabupaten Mempawah, beserta Camat Se-Kabupaten Mempawah.

Penyusunan dokumen RPJMD ini merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diamanatkan juga dalam Pasal 260 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, bahwa daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional dan rencana pembangunan daerah tersebut ditetapkan dengan peraturan daerah paling lama 6 (enam) bulan setelah Kepala Daerah terpilih dilantik sesuai dengan amanat Undang-Undang 23 Tahun 2014 pada Pasal 264.

“Namun demikian sebelum ditetapkannya Peraturan Daerah RPJMD Kabupaten Mempawah Tahun 2020-2024 perlu dilakukan Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Dalam Rangka Penajaman, Penyelarasan, Klarifikasi dan Kesepakatan terhadap Tujuan, Sasaran, Strategi, Arah Kebijakan dan Program-Program Pembangunan selama lima tahun yang telah dirumuskan dalam Rancangan Awal RPJMD yang selanjutnya akan dijabarkan dalam dokumen Rencana Strategis Perangkat Daerah (Renstra PD) selama lima tahun dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sehingga setiap rencana pembangunan tetap konsisten, selaras dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan” Ungkap Hj. Erlina, SH., MH dalam Pidato Sambutannya.

Wakil Gubernur Kalimantan Barat juga menegaskan agar RPJMD ini dapat mengakomodir apa yang menjadi keinginan masyarakat Kabupaten Mempawah, kemudian juga kepentingan-kepentingan masyarakat Kabupaten Mempawah seperti Prasarana dan Sarana, Pembangunan Rumah Sakit dan Air Bersih yang menjadi Program Ibu Bupati Kabupaten Mempawah. “Dan Kami dari Provinsi akan mensupport apa yang menjadi kepentingan masyarakat terutama yang diprioritaskan”, tegasnya.

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Mempawah Tahun 2020-2024 ini diakhiri dengan penandatangan Berita Acara oleh Bupati Mempawah Hj. Erlina, SH., MH bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Mempawah,  Safruddin A, SP., MP.

.