Launching Simpul Jaringan dan Aplikasi Geoportal Kabupaten Mempawah

Bappeda - Dalam rangka Percepatan Pembangunan Simpul Jaringan Informasi Geospasial Kabupaten Mempawah sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional, Pemerintah Kabupaten Mempawah telah mengadakan Launching Simpul Jaringan dan Aplikasi Geoportal Kabupaten Mempawah di Aula Bappeda Kabupaten Mempawah pada Jumat, (22/11/2019).

Launching Simpul Jaringan dan Aplikasi Geoportal Kabupaten Mempawah tersebut dibuka oleh Drs. Aswin AS, MT, selaku Kepala Bappeda Kabupaten Mempawah, dan menghadirkan Heri Priyanto, ST, MT, selaku Narasumber Pusat Studi Pengembangan Informasi Geospasial (PSPIG) Universitas Tanjungpura Pontianak, beserta Tim Geospasial. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas/Badan dari masing-masing OPD pengampu data sarana dan prasarana umum.

Membangun infrastruktur secara masif dan merata dilakukan Pemerintah bukan hanya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mempersempit jurang kesenjangan, melainkan juga untuk mempersatukan Indonesia dan mewujudkan keadilan sosial. Dengan demikian, pembangunan infrastruktur saat ini dapat ditafsirkan sebagai aktivitas menanamkan modal berharga dalam proses transformasi menuju negeri modern dengan peradaban tinggi.

Tepat pada tanggal 11 Desember 2018 tahun lalu, Presiden RI Joko Widodo secara resmi telah meluncurkan Geoportal Kebijakan Satu Peta yang bertujuan untuk menyediakan satu peta yang akurat dan akuntabel. Program Percepatan Kebijakan Satu Peta telah diatur sejak tahun 2016 melalui penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi VIII dan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016.

Kebijakan Satu Peta merupakan salah satu program prioritas dalam pelaksanaan Nawa Cita. Dengan adanya Kebijakan Satu Peta ini, perencanaan pembangunan, penyediaan infrastruktur, penerbitan izin dan hak atas tanah, serta berbagai kebijakan nasional dapat mengacu pada data spasial yang akurat.

.